Google+

Aplikasi Program SPSS Dalam Menyelesaikan Kasus Uji Statistika Parametrik (Bagian 6: Uji ANOVA Dua Arah)

3

July 24, 2013 by ilhamzen09

Uji ANOVA Dua Arah (Two Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel. Berbeda dengan Uji One Way ANOVA yang analisisnya hanya berlangsung satu arah yaitu antar perlakuan, maka pada uji Two Way ANOVA arah analisisnya berlangsung dua arah, yaitu antar perlakuan dan antar blok (group).

Tujuan dilakukan pengelompokan antar blok adalah agar diperoleh homogenitas yang tinggi antar perlakuan yang ditempatkan pada masing-masing blog. Jenis uji ini umumnya dilakukan pada rancangan perlakuan yang faktor-faktor lingkungannya sulit dikontrol, misalnya pada percobaan lapangan.

Contoh kasus: Seorang peneliti ingin membandingkan rata-rata produktivitas dari 4 jenis varietas padi yang berbeda, yaitu varietas A,B,Cdan D. Seluruh unit percobaan ditempatkan ke dalam 3 blok, yaitu blok I, II, dan III, sehingga total unit percobaan berjumlah 12 unit (4 perlakuan x 3 replikasi). Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok, masing-masing perlakuan ditempatkan secara random dalam tiap blok.

Berikut adalah data produktivitas tanaman padi (ton/ha), untuk masing-masing perlakuan:

Uji ANOVA dua arah dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh kasus tersebut, berikut kami tampilkan video tutorial tentang aplikasi penggunaan program SPSS dalam menyelesaikan kasus tersebut.

3 thoughts on “Aplikasi Program SPSS Dalam Menyelesaikan Kasus Uji Statistika Parametrik (Bagian 6: Uji ANOVA Dua Arah)

  1. sirooberry says:

    Siang mas..
    Saya lagi bingung dengan data penelitian saya. Saya pake ANOVA two way. tapi cara masukin data ke spss nya belum npaham. bisa bantu saya mas? terima kasih sebelumnya

  2. syahrul says:

    kalo anova 3 jalan iku gimana ya caranya
    bingung masihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: