Google+

Aplikasi Program SPSS Dalam Menyelesaikan Kasus Uji Statistika Parametrik (Bagian 5: Uji ANOVA Satu Arah)

2

July 22, 2013 by ilhamzen09

Uji ANOVA Satu Arah (One Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel.

Yang dimaksud satu arah adalah sumber keragaman yang dianalisis hanya berlangsung satu arah yaitu antar perlakuan (Between Group). Adapun faktor lain yang berpotensi mempengaruhi keragaman data dimasukkan kedalam Galat (within Group) dan sebisa mungkin dikontrol, sehingga jenis uji ini umumnya dilakukan pada rancangan perlakuan yang faktor-faktor lingkungannya dapat dikontrol, misalnya pada percobaan di laboratorium atau di greenhouse.

Contoh kasus: Seorang peneliti ingin membandingkan rata-rata produktivitas dari 7 jenis varietas padi yang berbeda, yaitu varietas A, B, C, D, E, F dan G, masing-masing perlakuan tersebut diulang sebanyak 3 kali, sehingga total unit perlakuan berjumlah 21 unit (7 x 3 = 21) . Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, masing-masing perlakuan ditempatkan secara random.

Berikut adalah data produktivitas tanaman padi (ton/ha), untuk masing-masing perlakuan:

Uji ANOVA satu arah dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh kasus tersebut, berikut kami tampilkan video tutorial tentang aplikasi penggunaan program SPSS dalam menyelesaikan kasus tersebut.

2 thoughts on “Aplikasi Program SPSS Dalam Menyelesaikan Kasus Uji Statistika Parametrik (Bagian 5: Uji ANOVA Satu Arah)

  1. Hannayunisty says:

    assalamualaikum, sy ingin bertanya..
    jika pengukuran yg diukur itu ada 4 macam tp hasil yg didapat hanya satu. kemudian ingin diketahui pengaruh dari keempat macam pengukuran trsbt. apakah itu trmasuk anova satu arah juga atau harus pakai cara lain?
    trmksh sblmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: