Google+

Tips Agar Tidak Gugup Berbicara di depan umum

2

March 19, 2013 by ilhamzen09

Berbicara di depan umum bukan sesuatu yang mudah, pada beberapa orang ini adalah masalah yang serius. Berbicara didepan umum berefek pada jantung yang berdetak keras, tangan berkeringat, kaki gemetar, dan ini berarti mempermalukan dan menjatuhkan harga diri sendiri.

Disisi lain, berbicara di depan umum adalah sesuatu yang harus anda lakukan, bayangkan bila anda adalah seorang mahasiswa yang mesti mempresentasikan hasil penelitian anda di depan dosen dan teman-teman anda, atau anda adalah seorang sales yang harus mempresentasikan produk anda di depan para kostumer.

Dalam kondisi seperti ini Dale Carnegie memberikan nasihat yang singkat, “Lakukan apa yang anda takut melakukannya”, bila anda takut berbicara di depan umum, maka cobalah berbicara di depan mereka, toh kemampuan ini bisa dilatih.

Gugup Berbicara di Depan Umum: Diagnosis

Dalam teori komunikasi, gugup ketika berbicara didepan umum disebabkan oleh “kecemasan berkomunikasi” (communication apprehension). Banyak istilah yang digunakan untuk menamai gejala ini, demam panggung (stage fright), ataupun kecemasan berbicara (speech anxiety). Gejala tersebut dapat terjadi bila anda harus bekerja dibawah pengawasan orang lain sehingga memicu terjadinya stress, ditandai dengan perilaku berupa: detak jantung yang cepat; telapak tangan atau punggung berkeringat; nafas terengah-engah; mulut kering; tangan dan kaki bergetar; suara parau; kehilangan konsentrasi atau bahkan hilang ingatan.

Menurut para psikolog gejala tersebut adalah reaksi alamiah, ketika makhluk mengalami ancaman, ia bersiaga untuk fight (melawan) atau flight (melarikan diri). Sistem saraf simpatetisnya berguncang, adrenalin dan kadar gula dalam pembuluh darah meningkat. Tiba-tiba dalam tubuh ada tumpukan energi. Semuanya adalah upaya tubuh untuk menyesuaikan diri dari ancaman. Perilaku yang telah disebutkan tadi (jantung berdetak, berkeringat, dll) adalah sindrom mekanisme penyesuaian diri (general adaptation syndromes). Karena perilaku tersebut adalah reaksi alamiah, maka tidak mungkin menghilangkannya, tetapi kita dapat mengendalikannya, sehingga tumpukan energi tadi dapat disalurkan kedalam pembicaraan kita, suara kita menjadi bagus dan berwibawa, dan gerakan kita menjadi lebih dinamis dan hidup.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kecemasan berkomunikasi dapat muncul?. Jalaluddin Rakhmat menyebutkan sedikitnya ada 3 faktor yang menyebabkan kecemasan berkomunikasi:

  1. Ketidak Tahuan. Dia tidak tahu bagaimana memulai pembicaraan, dia tidak dapat memperkirakan apa yang diharapkan pendengar. Untuk mengobatinya perlu banyak latihan dan pengalaman, namun sangat disayangkan orang yang gugup berpidato justru menghindari kesempatan untuk itu, padahal semakin sering ia menghindari berbicara, maka semakin sulit ia melakukannya.
  2. Penilaian. Seseorang menderita kecemasan berkomunikasi karena dia tahu akan dinilai oleh orang lain, penilaian tersebut dapat menjatuhkan harga dirinya bila tidak sesuai dengan ekspektasi yang dia inginkan.
  3. Situasi asing. Hal ini dapat terjadi bila seseorang berhadapan dengan situasi yang asing dan dia tidak siap.

Bagaimana Mengendalikan Kecemasan Berkomunikasi Agar Tidak Gugup Berbicara di Depan Umum

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa kecemasan komunikasi adalah sindrom mekanisme penyesuaian diri (general adaptation syndromes) yang, meskipun itu adalah gejala alamiah yang tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikendalikan. Seorang pakar komunikasi, Jalaluddin Rakhmad dalam bukunya berjudul Retorika Modern, menyebutkan ada 2 metode pengendalian kecemasan komunikasi: metode jangka panjang dan metode jangka pendek.

  1. Metode jangka panjang

    Metode jangka panjang diobati secara berangsur-angsur dalam jangka waktu lama, anda terlebih dahulu harus mengidentifikasi penyebab gangguan komunikasi yang anda alami, lalu kemudian mengobatinya.

    Gangguan komunikasi akibat ketidak tahuan dapat anda obati dengan meningkatkan pengetahuan kita tentang retorika, mulai dari tahap persiapan, penyusunan, sampai pada penyampaian pidato. Anda juga dapat melatih menulis, sebab menulis adalah sarana yang efektif untuk melatih anda menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis.

    Gangguan komunikasi akibat takut terhadap penilaian orang lain dapat diobati dengan mengubah persepsi kita, karena semua yang ditakutkan itu sebenarnya lebih banyak terdapat dalam persepsi kita daripada dalam kenyataan. Seandainya pidato kita gagal, maka harga diri kita tidak akan jatuh serendah itu. Apalagi berdasarkan pengalaman, kegagalan biasanya terjadi pada percobaan-percobaan awal saja, dan khalayak pun maklum. Bukankah dulu sewaktu belajar berjalan kita jatuh berkali-kali, tapi apa yang anda lakukan? You get back on and try again.

    Gangguan komunikasi akibat situasi asing dapat dihindari dengan mengantisipasinya jauh hari sebelum anda naik keatas podium. Antisipasi ini berupa persiapan materi, pengenalan terhadap jumlah dan latar belakang audience, bahkan bila memungkinkan, kenali terlebih dahulu situasi ruangan serta alat pendukung audio visual.

  2. Metode jangka pendek

    Tidak jarang, secara tiba-tiba kita diminta untuk berbicara didepan umum sekarang juga, what should we do? Pertama-tama, hadapilah gejalanya, gunakan teknik-teknik relaksasi untuk mengendurkan otot-otot anda. Bila nafas terasa sesak atau mulut terasa kering, ini biasanya terjadi karena anda kurang menarik nafas, tariklah nafas dalam-dalam selama anda berbicara, bila diperlukan ambillah segelas air dan teguklah sekali-kali “untuk membasahi kerongkongan”. Tangan yang bergetar dapat ditenangkan dengan menggoyangkannya secara perlahan-lahan dan mengendurkannya atau meletakkannya di atas mimbar.

Semoga tips tersebut bermanfaat, selamat mecoba.

2 thoughts on “Tips Agar Tidak Gugup Berbicara di depan umum

  1. haem says:

    mantabs.. inspiratif. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: